Jadi Pilihan Banyak Orang, Ini Keunggulan Sawo Jumbo

Keunggulan Sawo Jumbo | 0852-2792-0000


Keunggulan Sawo Jumbo – Penggemar tanaman sawo makin banyak jumlahnya dikarenakan sawo merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah untuk dikembangbiakkan. Apalagi sekarang ini kita sedang #dirumahaja yang mana menanam tanaman menjadi salah satu aktivitas yang paling banyak digemari oleh orang orang.


Jika biasanya sawo hanya memiliki ukuran satu genggaman anak kecil saja, apa jadinya jika ternyata sawo memiliki ukuran yang besar bahkan bisa mencapai berat 1-2 kg? 


Ya, di Indonesia sendiri tidak banyak orang yang tahu apa itu sawo jumbo karena memang bukan buah asli Indonesia. Sawo jumbo berasal dari tanaman Mamey Sapote yang mana Mamey Sapote sendiri merupakan salah satu tanaman sawo sawoan yang berasal dari Amerika Tengah hingga Meksiko.


Pohon dan ke-semua karakeristik yang ada pada buah sawo jumbo alias mamey sapote ini hampir mirip dengan pohon sawo pada umumnya, namun sawo jumbo tentu memiliki perbedaan yaitu dalam besar buahnya.


Nah bagaimana si cara budidaya sawo jumbo ini untuk mengisi waktu #dirumahaja?


Budidaya Sawo Jumbo


Sebelumnya, mamey sapote umumnya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di tanah yang subur dan memiliki banyak kandungan air dan mineral sebagaimana di habitat aslinya yakni di hutan hutan tropis yang umumnya memiliki kelembaban yang lumayan.


Untuk pembibitan, ada pembibitan secara Pembibitan Generatif dan Pembibitan Vegetatif namun pada kesemapatan kali ini kita akan membahas budidaya mamey sapote dari bibit yang di beli saja agar lebih simple dan cocok bagi pemula. Sedangkan cara untuk menanamnya bisa menanam di kebun atau bahkan bisa menanam di pot. Yuk simak yuk!


Penanaman Sawo Jumbo di Kebun

Keunggulan Sawo Jumbo | 0852-2792-0000


  1. Buatlah lubang tanaman yang disesuaikan dengan ukuran akar dari bibit mamey sapote yang Anda beli.
  2. Diamkan lubang tersebut selama kurang lebih 2 minggu agar nantinya gas gas yang ada di dalam tanahnya menguap.
  3. Isi lubang tanaman dengan media tanaman yang berupa campuran tanah, pasir halus, pupuk kandang dengan perbandingan takaran 1:1:1 (jangan isi penuh)
  4. Jika Anda ingin menanam lebih dari satu, maka beri jarak antara lubang yang satu dengan yang lainnya.
  5. Setelah lubang siap maka pindahkan mamey sapote ke lubang tersebut dengan cara merobek polybag, ingat untuk melakukan dengan kehati hatian agar tanah tidak berantakan.
  6. Jika sudah di masukkan ke dalam lubang tadi maka isi dengan tanah hingga permukaan lubang rata dengan tanah sekitar. 
  7. Ratakan permukaan dengan cara siram media tanam dengan menggunakan air.


Penanaman Sawo Jumbo di Pot

Keunggulan Sawo Jumbo | 0852-2792-0000

  1. Gunakan pot dengan ukuran jumbo, bisa dengan menggunakan pot ukuran 60 cm atau lebih.
  2. Isi tanaman dengan media tanam seperti step nomor 3 penanaman sawo jumbo di kebun dan bisa juga ditambah dengan media lain berupa sekam bakar dengan perbandingan yang sama.
  3. Diamkan terlebih dahulu, jangan ditanam langsung.
  4. Pindahkan bibit pada pot dan siram pada air.

Nah mudah sekali bukan? Mamey sapote memang menjadi salah satu tanaman yang banyak dicari dikarenakan selain mudah dibudidayakan juga dikarenakan memiliki banyak sekali keunggulan, apa saja si yang menjadi keunggulan dari buah sawo mamey sapote ini? Simak ulasannya berikut ya!


Keunggulan Mamey Sapote


1. Rasa buah

Buah mamey sapote jumbo cenderung manis dengan daging buah berwarna oren ke merahan. Manis disini bukan merupakan manis yang bikin enek ya karena mamey sapote ini memiliki banyak kandungan air di dalamnya.


2. Daging buah

Jika biasanya buah sawo memiliki buah yang cenderung lembek karena kandungan airnya namun berbeda dengan buah yang satu ini dikarenakan daging buahnya bertekstur sedikit kesat dari pada buah sawo pada umumnya.


3. Banyak manfaat

Ya, buah sawo jumbo memiliki banyak sekali manfaat mulai mengatasi masalah pencernaan hingga masalah mata sekalipun.


4. Gampang di budidayakan

Untuk cara membudidayakannya sangat mudah sekali seperti yang sudah dijelaskan di atas. Orang awam tidak pernah bercocok tanampun pastinya akan mudah untuk mengikutinya betul?


5. Harganya yang murah

Harga murah sebenarnya variatif ya? Tapi Anda bisa membelinya kepada kami loh yang dijamin murah meriah.


Ya, kami menjual sawo jumbo ini dengan harga yang murah meriah. Mengapa kami bisa menjualnya dengan murah meriah? Hal ini dikarenakan kami memiliki kebunnya sendiri.


Jika Anda dekat dari Banjarnegara, Anda bisa datang ke kebun kami untuk melihat lihatnya secara langsung. Untuk janji tamu silahkan hubungi 0852-2792-0000 via WA/SMS/TELP. Lalu bagaimana jika rumahnya jauh? Tenang saja kami sudah terpercaya kok, Anda bisa meminta testimoni kepada nomor diatas agar lebih terpercaya lagi.


Tapi nantinya ngirimnya bagaimana? Untuk pengiriman kami sudah bekerjasama dengan jasa ekspedisi terpercaya jadi tidak perlu lagi Anda risaukan.


Untuk jenis mamey sapotenya kami memilih jenis yang unggul yaitu jenis keywest dan juga magana. 


Untuk pertanyaan lebih detail, Anda bisa menghubungi nomor di atas saja ya, buruan beli sekarang juga sebelum kehabisan!


0 comments:

Post a Comment