TERBAIK | Budidaya Mamey Sapote | 0852-2792-0000

budidaya mamey sapote, 0852-2792-0000

Keragaman aneka flora dan fauna di indonesia ini sangat banyak. Bukan hanya banyak melainkan melimpah, disetiap daerah di Indonesia ini kaya akan flora dan fauna yang jumlahnya mencapai ribuan bahkan mungkin jutaan. Hanya saja yang diketahui oleh kebanyajan orang hanya beberapa saja. Dalam hal ini flora dan fauna yang tersebar diIndonesia ini memiliki berbagai macam keaneka ragaman yang membaut kita kaya akan kekayaan alamnya. Selain itu, saking banyaknya flora fauna yang ada membaut banyak orang yang tidak tahu satu- persatu dari jenisnya tersebut. 

Di Indonesia flora fauna ada sudah banyak langka atau bahkan sampai punah. Hal tersebut dikarenakan oleh 2 faktor. Yakni alam dan juga manusia. Dalam hal ini faktor alam memang berperan. Sebagai contoh saja, ketika alam rusak karena suatu kejadian misalnya karena gunung meleetus, maka habitat asli dari fliora dan fauna tersebut akan hilang.  Flora dan fauna akan mati dan terjadilah kelangkaan. 

Selain karena faktor alam, faktor manusia sekarang ini juga sangat berpengaruh. Hewan-hewan dan tumbuhan menjadi langka karena ulah keserakahan manusia. Mereka menebang dan juga memburu hewan untuk kepentingan probadinya sendir. Mereka tidak takut, padahal ada UU yang melindungi tumbuhan dan satwa langka. Selain menimbulkan kepunahan yang terjaddi karena ulahnya, juga dapat mendatangkan bencana. 

Ketika hutan mulai gundul akibat penebangan hutan secara liar, maka banyak dampak-dampak yang akan terjadi. Dapat meerusak ekosistem dan yang lebih parahnya dapat mendatangkan suatu musibah dan bencana. Bencana yang didapatkan biasanya adalah banjir dan tanah longsor. Hal tersebut terjadi karena memnag ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Nah untuk menghindari hal tersebut terjadi. Maka mari jaga lingkungan and tanam pohon secara berkala. 

Tumbuhan yang ditanam di Indonesia tidak semuanya asli dari Indonesia. karena ada yang terjadi karena penyebaran dari luar negeri atau sengaja dibawa oleh seseorang untuk menambah keaneka ragaman. Flora yang berasal asli dari Indonesia juga sangat melimpah, ditambah lagi karena penyebarannya dan juga teknik tanam yang beragam, menjaddi semakin banyak flora di Indonesia ini. 

Tanaman juga dibagi menjadi beberapa jenisnya. Yang sering ddiketahui oleh sebagian orang adalah :

1. Tanaman hias
Tanaman ini adalah jenis flora yang digunakan untuk hiasan saja. Artinya mereka tidak berbuah, hanya mengeluarkan bunga saja. Juga biasanya teksturnya tidak keras. Biasanya ditanam dalam pot. Jenis yang sering digunakan adalah jenis tanaman yang berbunga. Seperti bunga mawar dan melati atau jenis bunga yang lain. 

2. Tanaman berkayu
Biasanya tanaman ini sengaja ditanam untuk dimanfaatkan kayunya. Yang biasa ditanam adaklah jenis kayu yang memiliki daya tahan yang kuat. Serta dengan pohon lebat. 

3. Tanaman untuk perkebunan
Petani perkebunan cenderung menanam tanam,an yang berbuah banyak serta yangbanyak laku dipasaran. Yang sering dittanam adalah jenis pohon jeruk, manga, apel dan masih banyak lagi. 
Namun banyak yang tidak tahu mengenai salah satu jenis buah ini. Mungkin petani perkebunana juga belum banyak yang tahu. Kecuali mereka suka menanam bibit yang baru untuk dijadikan perkebunan baru bagi mereka. 

budidaya mamey sapote

Salah satunya adalah buah yang satu ini. Ini termasuk dalam buah yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Mengapa demikaian ? karena di Indonesia sendiri buah tersebut jarang ditemui,. Bahkan mungkin sebagaian orang tidak tahu bauh apa itu. Penasaeran dengan buah yang sedang dibahas? Yuk simak dibawah ini secara lebih lanjut. 

Buah tersebut addalah buah mamey sapote. Mamey sapote adalah buah yang mirip dengan buah sawo. Memiliki warna kulit yang hampir sama dan juga masih dalam kategori buah sawo. Namun jelas berbeda jika dilihat dari bentuknya. Karrena mamey sapote ini memiliki ukuran buah yang jauh lebih besar dibandingkan sawo itu sendiri bahkan ukurannya dapat mencapai 4x lebih darri buah sawo itu. 

Harga dari bibutnya saja sudah mahal. Bahkan tegolomg sebagai bibit buah yang mahal di Indonesia. selain bibitnya, buah mamey sapote ini juga memiliki harga yang fantastis dikalangan buah. Jadi tidak heran bilang buah tersebuit langka di Indonesia. bentuk buahnya bulat memangjang. Dengan daging berwarna jingga. Rasa yang dimiliki dari buah mamey sapote ini juga lebih enak dibandingkan dengan buah sawo. Karena buah ini memiliki rasa yang lebih kremi dan juga lebih lembut ketika dimulut. Jadi sangat cocok untuk anda penyuka makanan manis. 

Untuk mendapatkan buah yang bagus dari bibit mamey sapote ini, anda harus menanam serta merawatnya dengan sebaik mungkin. Karena saying jika bibit yang dibeli mahal namun tidak berbuah bagus. Budidaya mamey sapote ini terbilang gampang-gampang susah. Karena memang memerlukan perlakukan khusus untuk mengolah mamey sapote ini. Bagaimanakah cara budidaya mamey sapote yang baik? Salah satu cara yang ampuh untuk membudidayakan mamey sapote ini adalah dengan cara mencangkok. Disini kami akan memberikan sedikit tips untuk mencangkok bibit mamey sapote dengan baik , simak dibawah ini : 

Mencangkok batang pohon mamey sapote ini lebih baik pada cabang yang horizontal. Dengan diameter batang pencangkokan sepanjang 2-5 meter dengan media tanah saja ( tidak usah dicampur pupuk)

Biarkan selama 3 bulan. Setelah itu, akar cangkokan tanaman mameyu sapote ini akan mulai keluar. Dantunggulah sampai lebih banyak lagi agar lebih bagus. Sekitar 3 bulan lagi. Setalh diyakini lebih banyak, potong cangkokan dari induk pohon.

Robek dengan sedikit bungkus cangkokanya, dan celupkan akarnya kedalam hormone perangsang tumbuhan dengan konsentrasi banyaknya 5 ml per liter air bersih. 

Diamkan terlebih dahulu, tanam bibit cangkokan tersebut kedalam polybag dengan menggunkan media sekam. Untuk perbandingan tanah serta pupuk menggunakan perbandingan 1;1. Siramlah sebanyak 2x sehari agar tumbuh dengan bagus. Dan tempatkan pohon cangkokan tersebut ditempat yang teduh sampai munculnya tunas.

Biarkan cangkokan tersebut didalam polybag selama 3 bulan. Sampai tumbuh daun kecil sampai agak besar dengan panjang sekitar 20 cm . pindahkan kedalam lunang tanam tanah dengan ukuran 1x1x1 meter. Sebelum ditutup berikan 30 kg pupuk kandang serta ½ kg NPK.

Berilah kayu atau sebilah bamboo untuk sandaran pohon tersebut. 

Perawatan berkala yang akan dilakukan adalah dengan memberikan 30 kg pupuk kandang serta ½ kg NPK selama 5-7 bulan sekali. 

Nah untuk anda yang sedang mencari bibit mamey sapote yang unggul dan berkulaitas dapat menghubungi kami di 0852-2792-0000 via WA/telp/SMS. Bibit yang kami jual ini memiliki kualitas yang bagus serta dengan harga yang cukup ekonomis.