Ini Dia Jenis Sawo Jumbo Yang Cocok Untuk Budidaya

Jenis Sawo Jumbo | +62 852-2792-0000


Jenis Sawo Jumbo – Pernahkah anda memperkirakan besarnya buah sawo? Umm buah yang umumnya berkulit coklat ini besarnya kira kira hanya satu kepalan anak kecil tapi pernahkah anda tahu bahwa besar dari buah sawo “ini” bisa berkali kali lipat dari ukuran aslinya?


Ha buah sawo apa itu mengapa sangat jumbo? Buah tersebut memang memiliki ukuran yang sangat besar dan orang orang menyebutnya sebagai Buah Sawo Jumbo Mamey Sapote. Ya buah ini bisa berukuran besar dengan berat hingga 2-3 kg.


Masya Allah, Besar sekali untuk ukuran buah sawo. Budidaya mamey sapote akhir akhir ini banyak sekali diminati oleh orang karena budidaya buah mamey sapote tergolong mudah. Sebelum mengetahui cara budidaya mamey sapote mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu mamey sapote.


Apa Itu Mamey Sapote?


Mamey sapote adalah salah satu buah yang masih satu keluarga dengan sawo sawoan. Banyak ahli dalam bidang pertanian menyebutnya dengan tanaman buah sawo raksasa. 


Terkait masyarakat Indonesia yang kurang familiar dengan buah ini menjadi hal yang sangat wajar karena habitat asli tumbuhan ini adalah di Negara Kuba, Amerika Serikat sampai dengan Meksiko. Di Negara aslinya buah dari Mamey Sapote diolah menjadi Milkshake dan kue pie.


Mamey sapote ini sangat cocok untuk tipikal tanah di Indonesia yang notabene sudah beriklim tropis dan tanahnya juga bagus untuk tanaman. Jadi di Indonesia ini sangat cocok untuk petani-petani di Indonesia apalagi di Indonesia ini masih jarang yang membudidyakan bibit mamey sapote dan buah mamey sapote secara besar. Jadi untuk persaingan juga masih kecil. Anda bisa menanam bibit mamey sapote ini untuk usaha anda. 


Nah bagaimana cara budidaya mamey sapote ini agar bisa berbuah cepat dan tumbuh subur? Anda bisa melakukan beberapa hal ini.


Budidaya Tanaman Buah Mamey Sapote

Jenis Sawo Jumbo | +62 852-2792-0000

Tahap pertama dari membidayakan mamey sapote adalah memilih media tanam dan mempersiapkannya. Anda bisa menggunakan pekarangan rumah anda untuk menanam tanaman ini. Nah jika anda tidak memiliki pekarangan yang luas anda bisa menanam di dalam pot.


Perlengkapan yang dipersiapkan untuk menanam tanaman ini adalah alat penggali, pot (opsional) dan pupuk. 


Anda juga harus mempersiapkan bibit unggul karena bibit sangat sangat mempengaruhi hasil dari buah nantinya. Mending membeli dengan harga mahal untuk hasil yang memuaskan dari pada membeli harga murah dan hasilnya kurang memuaskan.


Nah jika sudah anda bisa mulai menanamnya. Untuk cara menanam dari buah mamey sapote dari bibit ini sebenarnya mudah sekali yakni seperti menanam pohon pohon yang lainnya. Anda bisa melakukannya pada pagi hari maupun sore hari dan hindari melakukan kegiatan ini pada siang hari karena bisa membuat bibit menjadi layu terkena sinar matahari.


Nah jika sudah di tanam dan anda yakin mulailah untuk melakukan perawatan untuk pohon mamey sapote. Apa saja cara untuk merawat pohon mamey sapote ini? Yang pertama adalah rutin menyiram tanaman ini jika anda rasa pasokan air ke dalam akar tumbuhan yang anda tanam kurang.


Yang kedua adalah membersihkan rerumputan. Nah rumput rumput yang ada di sekitar tanaman ini lebih baik dicabuti saja karena bisa menyerap nutrisi pupuk yang seharusnya untuk tanaman mamey sapote.


Selanjutnya ada pemupukan. Anda bisa menggunakan pupuk kompos atau dengan menggunakan pupuk NPK. Jika anda menggunakan pupuk NPK maka pada usia 1 bulan berikan pupuk dengan takaran 25:7:7. Lalu dosis akan naik ketika sudah memasuki bulan ketiga yaitu menjadi 16:16:16.


Nah itulah cara untuk membudidayakan mamey sapote. 


Jika anda ingin membudidayakan mamey sapote ini anda harus mulai menentukan bibit dan jenis mamey sapote yang akan anda tanam. Nah jika anda bingung jenis mamey sapote yang rekomended untuk dibudidayakan, kami berikan referensi untuk anda.


Bibit Mamey Sapote Terbaik


Untuk bibit mamey sapote kami merekomendasikan bibit mamey sapote Havana dan Keywest karena bibit tanaman ini merupakan bibit yang mudah ditanam dan juga cepat berbuah.


1. Jenis Mamey Sapote Magana 

Jenis Sawo Jumbo | +62 852-2792-0000

Jenis Mamey Sapote ini terkenal Karena paling gampang untuk di budidayakan atau ahli pertanian bilang jika mamey sapote ini disebut dengan tanaman ganjah. Buah ini dari berbunga sampai berbuah hanya memerlukan waktu Sembilan bulan. Jenis Mamey Sapote ini juga berbuah dengan menempel di batang bukan di pucuk seperti jenis yang lainnya.


2. Jenis Mamey Sapote Keywest

Jenis Sawo Jumbo | +62 852-2792-0000

Jenis Mamey Sapote ini terkenal Karena paling gampang untuk di budidayakan atau ahli pertanian bilang jika mamey sapote ini disebut dengan tanaman ganjah. Buah ini dari berbunga sampai berbuah hanya memerlukan waktu Sembilan bulan. Jenis Mamey Sapote ini juga berbuah dengan menempel di batang bukan di pucuk seperti jenis yang lainnya.

Nah jika anda mencari kedua jenis bibit sawo jumbo ini anda bisa membelinya kepada kami dengan menghubungi nomor +62 852-2792-0000 via WA/SMS/TELP. 

Kami bisa mengirim bibit ini kemanapun karena kami sudah bekerja sama dengan jasa ekspedisi terpercaya. Bagaimana dengan harganya? Kami jamin harganya paling murah dari pada yang lainnya. Buruan beli sekarang juga dan jangan sampai kelewatan ya!

Kami sedang mengadakan promo bulan ini sehingga akan sangat sayang sekali jika anda melewatkan promo ini. Beli banyak lebih murah buruan!

0 comments:

Post a Comment