Gampang Banget! Ternyata Begini Cara Budidaya Sawo Jumbo

budidaya sawo jumbo | +62 852-2792-0000

Budidaya Sawo Jumbo – Hayooo siapa di sini yang suka berkebun? Walau selalu dianggap membosankan dan biasa dilakukan oleh para lansia atau orang tua tetapi berkebun ini memiliki banyak sekali manfaat. Banyak penelitian yang sudah menyebutkan bahwa berkebun adalah kegiatan yang menyenangkan dan menguntungkan bagi orang yang melakukan serta lingkungannya juga.

Berkebun tidak harus di tanah yang lapang dan luas. Seiring perkembangan zaman, berkebun kini bisa dilakukan dirumah atau di pekarangan rumah. Ada metode yang bisa digunakan untuk berkebun dirumah seperti metode tabulampot, vertikultur, hidroponik dan aeroponik.

Bagi yang belum tahu mari kita bahas satu persatu yaa.

Metode Berkebun

Tabulampot

budidaya sawo jumbo | +62 852-2792-0000

Mungkin asing ditelinga kalian kata tabulampot ini, sebenarnya tabulampot adalah singkatan dari “Tanaman Buah Dalam Pot”. Walaupun namanya terdengar asing tetapi metode ini sering digunakan orang untuk bercocok tanam di lahan sempit. Atau bahkan Anda pernah mencoba metode tabulampot ini?

Nah untuk menanam menggunakan metode ini saya sarankan menggunakan pot dengan bahan tanah liat atau kayu. Kenapa? Karena pot dengan bahan tersebut memiliki pori – pori yang bisa membuat temperatur media taman menjadi lebih stabil karena selalu lembab.

Sebaiknya pot juga memiliki kaki kaki untuk membuat jarak antara dasar pot dengan tanah. Tujuannya agar akar tanaman pada pot tidak tembus ke tanah dan sirkulasi udara serta airnya lancar.

Vertikultur

budidaya sawo jumbo | +62 852-2792-0000

Metode Vertikultur diambil dari kata utamanya yaitu vertikal, yaa metode ini memanfaatkan bidang vertikal untuk bercocok tanam.Metode ini cocoknya digunakan untuk menanam sayuran, seperti kangkung, seledri, sawi, tomat dan lain sebagainya.

Metode vertikulur ini juga memiliki banyak model yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan desain rumah Anda.

Model metode tanam vertikulur yaitu :
  1. Rak
  2. Tegak
  3. Tempel
  4. Gantung

Hidroponik

budidaya sawo jumbo | +62 852-2792-0000

Hydro = air, yaaa metode ini menggunakan media air bukan tanah. Walaupun menggunakan air tanaman tidak akan mati.

Kenapa? karena banyak teknik yang bisa digunakan untuk menggantikan nutrisi kandungan seperti pada tanah. Yang paling sering digunakan adalah teknik hidroponik wick.

Aeroponik

budidaya sawo jumbo | +62 852-2792-0000

Metode ini menggunakan media udara  untuk media tanamnya dan ponus yang berarti daya, itu sebabnya metode ini dinamakan aeroponik. Lohh bagaimana bisa? Tentu bisa, nantinya akar tanaman akan menggantung di udara. Wah unik yaa.

Metode ini sebenarnya masih berkaitan dengan metode hidroponik karena masih juga menggunakan air. Tetapi pada metode aeroponik ini, airnya cukup diseprotkan pada akar tanaman. Fungsinya agar akar bisa langsung menyerap nutrisinya dan bisa langsung dialirkan ke semua bagian tanaman.

Keuntungan dari menggunakan metode ini adalah tanaman akan cepat berkembang sehingga akan cepat panen.

Bagaimana? Mana metode tanam yang Anda ingin coba? Pilihlah sesuai kebutuhan dan alat yang ada di rumah Anda yaaa.

Bagi para pecinta tanaman, pastinya sudah mengetahui semua metode tanam diatas dengan berbagai tanamannya yang umum ditanam. Tapi bagaimana jika saya memiliki bibit tanaman buah langka yang belum pernah Anda tanam sebelumnya?

Penasaran apa tanamannya? Persis seperti dijudul yaitu Sawo Jumbo atau Mamey Sapote. Bagi warga +62 mamey sapote ini masih dibilang langka dan jarang yang tahu.

budidaya sawo jumbo | +62 852-2792-0000


Tanaman buah yang berasal dari Amerika ini memang memiliki buah yang mirip dengan buah sawo yang biasa tumbuh di Indonesia. Tetapi ukuran buahnya jauh lebih besar dari ukuran sawo pada umumnya.

Selain ukurannya yang lebih besar, rasa dari buah mamey sapote ini juga enak. Manis dengan tekstur lembut dan aroma yang wangi saat matang pastinya sangat menggiurkan di lidah.

Cara menanamnya juga mudah, Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah dan tidak membutuhkan tahan terlalu luas. Anda juga bisa menggunakan metode tabulampot untuk menanam mamey sapote ini. Tapi saya sarankan Anda menanamnya langsung di tanah atau menggunakan pot yang lebih besar.

Untuk mendapatkan tanaman sawo jumbo ini cukup mudah, seperti yang sudah saya bilang sebelumnya yaitu saya memiliki bibit mamey sapote ini. Jika Anda berminat membudidayakannya, Anda bisa langsung menghubungi saya melalui pesan WhatsApp di nomor +62 852-2792-0000.

Untuk pengirimannya Anda tidak perlu pusing, karena saya menggunakan packing khusus dan ekspedisi khusus yang bisa mengirim tanaman sampai ke alamat Anda dengan selamat dan masih dalam keadaan segar.

Tak sabar ingin menanamnya? Yooo segera pesan sekarang juga ya. Saya tunggu 😊

0 comments:

Post a Comment